Header Ads

Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian

Usaha Kecil Pupuk dan obat pertanian , Peluang perjuangan di bidang pertanian memang masih menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian negara Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa serta memiliki wilayah yang cukup luas mengakibatkan negara Indonesia sebagai negara agraris yang lebih banyak didominasi mata pencaharian penduduk yaitu bertani. 

Sebagai negara dengan sumber daya alam yang luar biasa besarnya, membuat penduduk Indonesia mencoba untuk memaksimalkan tanah mereka untuk menghasilkan uang dengan cara menjalankan perjuangan pertanian maupun perjuangan perkebunan. 

Dari Pusat Data Statistik Indonesia memiliki 39,5 Juta Ha dan menyerap hampir 40 juta jiwa, sementara perjuangan sub sektor pertanian tercatat sebanyak 17.728.162 perjuangan rumah tangga ( sumber : pertanian.go.id ). Dengan besarnya jumlah perjuangan maupun tenaga kerja yang terserap di sektor pertanian tentu mengakibatkan perjuangan pertanian sebagai salah satu perjuangan sentral penyokong pendapatan negara. 

Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian

Mengingat bahwa usaha pertanian juga membutuhkan sarana prasana baik itu alat ibarat cangkul, sabit dan lain sebagainya maupun kebutuhan lain diantaranya pupuk, obat- obatan maupun pestisida, muncul kemudian beberapa perjuangan kecil yang menjual keperluan tersebut.

Peluang Usaha kecil jual pupuk atau perjuangan jual alat dan obat pertanian menjadi salah satu inspirasi perjuangan kecil menengah yang patut anda coba khususnya jikalau anda berada di tempat yang memiliki tanah persawahan luas. Tanah Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi namun semakin berkurang karena adanya polusi tanah, dengan alasannya yaitu demikian, pupuk sangat dipercaya dapat mengembalikan tingkat hasil produksi pertanian ketika panen.

Selain itu, karena banyaknya penduduk yang bekerja di pertanian tentu saja mereka membutuhkan alat - alat untuk bekerja sehingga jikalau anda menjual alat perlengkapan pertanian, bukan hanya diperlukan oleh para pemilik lahan sawah namun juga oleh warga biasa yang bekerja sebagai buruh tani. 

Jika anda ingin menjalankan usaha kecil jualan pupuk, alat atau obat pertanian, ada baiknya anda perhatikan beberapa hal di bawah ini :

  1. Pemilihan Lokasi
    Salah satu hal penting yang wajib dilakukan untuk membuka perjuangan kecil pupuk dan obat pertanian yaitu pemilihan lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini tentu sudah menjadi diam-diam dalam aneka macam jenis usaha, dengan pemilihan lokasi yang sempurna akan membuat toko pertanian anda ramai di datangi oleh pembeli namun tentu saja harus didukung dengan pelayanan yang baik.
  2. Survei produk
    Tidak semua produk yang di tawarkan oleh suplier disukai oleh para petani. Tidak semua produk berkualitas juga laris manis dibeli oleh para petani, hal tersebut biasanya karena adanya alasan klasik yaitu permasalahan harga produk. Untuk itu, anda harus melaksanakan survei kecil - kecilan untuk menentukan jenis produk apa yang dibeli lalu berapa jumlah produk yang dibeli sesuai dengan tingkat undangan dari petani.

    Produk dengan tingkat undangan tinggi dan intensitas pembelian yang singkat haruslah dipasok produk yang lebih banyak apalagi jikalau barang tersebut memiliki harga yang terjangkau. Untuk produk yang tingkat undangan rendah serta membutuhkan waktu yang lama untuk terjual mampu anda kurangi stoknya.
  3. Pelajari produk anda
    Anda pun harus mampu menajdi salesman dari produk yang anda jual. Anda harus paham jenis - jenis pupuk mulai darik kelebihan sampai kekurangannya, obat pestisida apa efek sampingnya serta kapan waktu terbaik untuk melaksanakan penyemprotan dan pemupukan. Jika anda mampu menunjukkan keterangan tersebut, anda akan lebih memiliki kredibilitas dimata para pembeli.
  4. Pelayanan yang baik
    Customer is the king. Pelanggan yaitu raja. Bos tertinggi dari suatu piramida perjuangan yaitu pembeli. Maka, manjakanlah pembeli dengan pelayanan yang memuaskan kemudian jangan malas untuk membantu petani dalam menyelesaikan permasalahannya. Selain itu, anda juga harus terus berguru mengenai ilmu pertanian biar anda mampu menunjukkan informasi yang uptodate sehingga anda akan diperlukan oleh para pembeli.
baca juga : 

Jika anda berminat untuk menjalankan perjuangan kecil pupuk dan obat pertanian, anda mampu membuka dengan modal minimal Rp. 10 juta. Pada kesempatan lain, saya akan membahas mengenai seni administrasi pemasaran dari perjuangan pupuk dan obat pertanian guna membantu anda dalam meningkatkan penjualan toko pertanian anda.

Semoga artikel tentang Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian dapat membuka cakrawala wawasan anda ihwal urusan ekonomi pertanian. Salam sukses.
Diberdayakan oleh Blogger.