Header Ads

8 Cara Untuk Mendorong Diri Anda Keluar Dari Zona Nyaman

Bagaimana keluar dari zona nyaman

.net, Keluar dari zona nyaman memang bukanlah perkara yang mudah, meskipun demikian bukan berarti anda tidak mampu melakukannya, yang terpenting ialah anda memiliki niat yang besar lengan berkuasa dan mulai bertindak, setelah itu anda pun sedikit demi sedikit mampu keluar dari zona nyaman anda.

Berikut ialah beberapa tips biar anda mampu lebih mudah untuk keluar dari zona nyaman anda.

1. Niat yang kuat

Niatkan diri anda untuk benar-benar keluar dari zona nyaman, dengan memiliki niat yang besar lengan berkuasa maka anda akan lebih mudah melaksanakan langkah selanjutnya, oleh alasannya ialah itu tanamkan niat yang besar lengan berkuasa pada diri anda kalau anda bersungguh-sungguh ingin keluar dari zona nyaman.

2. Tempatkan diri Anda di kawasan yang baru

Mulailah dengan melaksanakan perubahan kecil yang nyata, ibarat mengunjungi restoran yang belum pernah anda kunjungi, pergi ke gym atau kemanapun kawasan yang belum pernah dikunjungi. 

Intinya ialah anda harus mulai dengan suasana yang gres dan berinteraksi dengan lingkungan yang abnormal bagi anda.

3. Jangan memilih pilihan yang aman

Pilihan yang aman mungkin akan membuat anda nyaman, tapi ingat ketika ini anda sedang ingin keluar dari zona nyaman. 

Pilihan yang sulit mungkin akan beresiko tapi justru hal tersebut akan membuat anda lebih berkembang dan belajar, dan hal itulah yang menjadi alasan kenapa anda harus memilih pilihan yang sulit.

4. Gunakan rute yang berbeda

Jika anda pada ketika ini ialah seorang mahasiswa ataupun pekerja, maka cobalah ketika anda hendak pulang ke rumah gunakan rute jalan yang berbeda dari yang biasa anda gunakan. 

Dengan begitu anda akan mencicipi suasana gres dan yang terpenting ialah anda sedang berusaha untuk keluar dari zona nyaman anda.

5. Lihatlah sudut pandang lain

Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang berakal atau bahkan dengan orang yang memiliki cara pandang berbeda dengan anda, dengan begitu anda akan menyadari bahwa terdapat orang-orang yang bersebrangan dengan anda. Anda pun akan mencar ilmu belajar banyak dari hal tersebut.

6. Katakan “YA” lebih sering

Katakan Ya bahkan ketika anda berpikir anda tidak siap, mengatakan ya untuk peran baru, proyek baru, peran baru, bahkan ketika anda tidak pernah melaksanakan sebelumnya. 

Siapa tahu anda menemukan sesuatu yang menyenangkan yang belum pernah anda lakukan sebelumnya dan anda mulai menikmatinya.

7. Menjadi relawan

Dengan membuat diri anda memiliki kegunaan bagi orang lain anda akan mencicipi sesuatu yang luar biasa, anda pun akan menerima pengalaman berharga dalam hidup anda.

8. Lakukan apa yang anda takut

Hal ini berkaitan denga contoh pikir yang baru, ketika anda merasa takut akan sesuatu, maka pikiran anda harus berkata “Saya akan melakukannya”. Itulah cara mengatasi rasa takut. 

Yang terpenting ialah hal yang anda lakukan tersebut akan berdampak positif bagi kehidupan anda.


Pada dasarnya keluar dari zona zaman memiliki konteks yang luas, hal itu tergantung dari zona nyaman ibarat apa yang ingin anda tinggalkan. 

Cara diatas tidak lebih dari langkah awal yang harus anda lakukan biar anda lebih mudah untuk keluar dari zona nyaman lain yang tingkatannya lebih sulit.
Diberdayakan oleh Blogger.