Header Ads

Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Bisnis online shop , Untuk mengawali goresan pena panjang wacana urusan ekonomi online shop, ada baiknya kita mulai dengan membuka kembali dongeng seorang penjual boneka via online berjulukan Rony Anggono Oktavianto. Pemuda yang memulai perjuangan online dari berjualan boneka di blog bonekaku.blogspot.com  ini bisa meraup omzet hingga Rp. 50 juta rupiah / bulan hanya dari rumah kontrakannya. Kekuatan internet yang bisa menjangkau seluruh Indonesia dijadikannya media pemasaran. Dengan jangkauan yang lebih luas, ia bisa menjual 2000 - 5000 boneka per bulannya. 

Kisah sukses urusan ekonomi online shop di atas ialah bukti aktual bahwa urusan ekonomi online dengan menjual sesuatu meskipun hanya lewat blog gratisan sekelas blogspot tetap bisa menghasilkan jutaan rupiah. 

Selain dongeng Roni Anggono Oktavianto, masih ada banyak para pebisnis online lain yang telah sukses mengantongi omzet hingga ratusan juta rupiah dari bisnis online shop. Bagaimana mereka dapat sukses dalam menjalankan urusan ekonomi online berjualan di internet? Simak trik dan rahasianya dibawah ini :

Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Bagi Pemula

1. Visi Jelas, bukan setengah setangah

Visi berasal dari kata Vision yang berarti penglihatan. Dalam istilah bisnis, visi ialah pandangan wacana tujuan suatu acara yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau apa yang ingin di capai dalam waktu jangka panjang. Ketika kita terjun dalam urusan ekonomi online shop, jangan hanya alasannya ialah ingin coba coba, jangan alasannya ialah ingin mengisi waktu semata, cobalah pandang lebih jauh kalau kita sukses dalam urusan ekonomi ini. 

Temukan visi kita, misalkan
Menjual Jujur untuk keberkahan dunia akhirat, mudah beramal, membahagiakan orang yang kita cinta. 
Kenalilah impian kita, lalu jadikan visi yang kemudian akan mengkristal menjadi prinsip dan sumber semangat dalam berwisausaha via online. Ketika kita memiliki visi yang jelas, bahkan dikala kita jatuh pun, kita akan tetap tegar untuk bangun dari kegagalan dan akan terus mencar ilmu hingga visi kita tercapai. 

2. Buatlah Website Sebaik Mungkin dan Mudah dipahami pengunjung

Salah satu elemen penting yang menentukan kesuksesan dalam berbisnis online shop ialah website. Dalam berbisnis toko online, maka secara otomatis kita akan membutuhakan website yang kita jadikan sebagai toko virtual di Internet.


Apakah anda tahu, mengapa supermarket meski lebih mahal namun tetap saja dapat berkembang? Yups, supermarket atau minimarket menyerupai Alfamart dan Indomaret bisa menjamur dimasyarakat ialah daerah yang nyaman serta pembeli dapat memilih sendiri barang yang mereka inginkan. 

Pun sama halnya dengan dikala anda membangun website untuk toko online anda. Bayangkan bahwa anda ialah seorang pembeli yang sedang mengunjungi toko online, maka yang anda lihat adalah 


  • Domain
    Gunakan domain sendiri, jangan hanya mengandalkan blogspot. Mengapa? alasannya ialah toko online yang menggunakan domain TLD lebih dipercaya daripada berjualan dengan subdomain gratisan menyerupai wordpress.com, blogspot.com dan sejenisnya. 

  • Hosting stabil dan cepat
    Jika anda membuat website jenis apapun, pengunjung akan segera meninggalkan website anda dikala terlalu lama memuat seluruh halaman website. Maka, dalam membangun website untuk toko online, gunakan hosting stabil dan muat halaman cepat. Jangan hingga calon pembeli anda bosan menunggu alasannya ialah anda terlalu lama menutup pintu.

  • Navigasi yang mudah dipahami
    Dalam membuat website urusan ekonomi online shop, gunakan tema yang mudah dipahami. Navigasi yang teratur dan tampilan yang sedap dipandang mata. Mudahkan pengunjung anda untuk mencari barang yang ia butuhkan. Seorang pembeli tidak mesti akan pribadi cocok dengan apa yang ia lihat pertama kali, seringkali ia akan mencari - cari barang sejenis untuk diperbandingkan.
  • Full layanan
    Ketika website anda sudah jadi, jangan lupa untuk menyampaikan pelayanan maksimal dengan menambahkan fitur live kontak atau membuat chat yang dapat anda dapatkan secara gratis. Anda bisa searching di Google. 

3. Social Media Marketing

Salah satu media umum yang paling potensial dan mudah untuk menjaring pembeli ialah Facebook. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan salah satu media umum yang memiliki jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di lansir dari kompas.com, jumlah pengguna aktif facebook di kuartal IV tahun 2015 ialah sebesar 87 juta pengguna, naik 10 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tentu sangat luar biasa. cara pemasaran melalui facebook bagi pemula yaitu :
  • Memasarkan melalui akun FB
Menjual melalui akun FB merupakan cara termudah untuk memasarkan barang atau produk UKM anda. Anda tinggal membuat akun FB atas nama diri anda sendiri atau orang lain dan dapat juga menggunakan nama UKM anda lalui perbanyak sahabat - sahabat anda. Setelah itu, anda tinggal mengupload gambar dan berita mengenai produk anda lalu tandai sahabat - sahabat anda semoga lebih mudah di lihat.

Perlu dicatat bahwa dikala anda menandai teman, jangan terlalu banyak menandai terkhusus bagi sahabat FB yang tidak dikenal. Mereka akan sedikit tidak nyaman terlebih kalau intensitas post iklan kita terlalu sering. Bisa jadi nanti kita di unfriend.

Selain itu, dikala anda menambahkan teman, jangan asal menambah teman. Usahakan anda mencari sahabat FB yang tertarget. Bagaimana caranya? Carilah halaman atau grup yang membahas berita yang sama dengan produk yang anda jual lalu tambahkan member atau follower Fanspage tersebut. Cara ini akan lebih memaksimalkan pemasaran anda. 

Lihat Gambar di bawah ini :

Mencari Member Grup

1. Silahkan ketik nama grup sesuai dengan produk yang anda jual. Contoh, produk anda ialah kartu perdana maka dikala " Grup jual beli perdana " maka nanti akan terlihat beberapa nama grup.
2. Klik salah satu nama grup. Usahakan grup tersebut ialah grup publik serta memiliki member yang aktif dan cukup besar. Lihat gambar dibawah ini
pemasaran online facebook


Klik pada member, lalu akan muncul daftar teman.

Anda pun bisa memcari sahabat tertarget dari halaman FB. Silahkan anda cari di kotak pencarian FB dengan nama produk yang anda jual misalkan " Kartu perdana" 

pemasaran online Grup Facebook

  • Pemasaran Melalui Grup FB
Selain memasarkan produk anda melalui akun Fb, cara lain atau seni administrasi pemasaran lainnya ialah menggunakan grup sebagai media promosi. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat grup dengan nama " Jual Beli Perdana Internet " atau bisa menggunakan nama UKM anda misalkan " Penyedia Kartu Perdana Duta Cell ".

Salah satu keuntungan menggunakan grup FB ialah anda dapat memasukan sahabat - sahabat anda dengan mudah. Berbeda dengan Fanspage atau halaman FB, pada FP anda harus mengundang terlebih dahulu sahabat anda untuk menyukai halaman anda.

  • Pemasaran Melalui Halaman FB

Meski anda tidak dapat dengan mudah menimbulkan sahabat anda sebagai member atau follower halaman FB anda, namun keuntungan dari FP ialah anda akan menerima follower tertarget.

Anda hanya bisa menyarankan atau menunjukkan kepada sahabat - sahabat facebook anda semoga menyukai halaman anda. Namun tidak bisa memaksa mereka menjadi follower, hal ini sangat berbeda dengan Grup FB, dimana anda bisa memasukkan sahabat anda pribadi menjadi member tanpa ijin dari sahabat anda.

Nah, dikala sahabat anda memang tidak tertarik dengan produk yang anda jual maka mereka biasanya tidak akan mengklik tombol "like" atau bahkan tidak menanggapi anjuran halaman anda.

Untuk menerima follower dalam jumlah besar serta menghabiskan waktu relatif singkat maka anda perlu menggunakan cara pemasaran terakhir yaitu FB Ads.

FB ads ialah layanan iklan dari Facebook yang dikhususkan untuk para pemilik perjuangan semoga dapat mengiklankan produk mereka melalui online. Hasilnya memang luar biasa namun tentu membutuhkan modal yang lumayan. Pembahasan mengenai FB Ads akan saya bahas secara khusus di lain kesempatan.

Selain memasarkan produk anda dengan share ke Facebook, anda juga bisa pasarkan via instagram atau twitter. Penjelasan pemasaran via instagram dan twitter dapat anda baca di kelanjutan goresan pena ini. 

Selain dari tiga kunci di atas, tentu anda harus fokus dalam berbisnis online shop. Jangan mudah berubah haluan dikala anda sudah mulai mengarungi lautan petualangan urusan ekonomi anda. Belajar dan terus mencar ilmu untuk menyempurnakan ilmu anda ialah hal mutlak yang harus anda lakukan dan jangan lupa, pelayanan kepada pembeli ialah harga mati. Jangan hingga pembeli anda kecewa dengan pelayanan atau kualitas produk anda. 

Demikianlah wacana artikel rahasia sukses urusan ekonomi online shop yang semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membuka perjuangan online toko di internet.
Diberdayakan oleh Blogger.