Header Ads

Teknik Pemasaran Online Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Melejitkan Penjualan

Bisnis rumahan online , Pertumbuhan perjuangan kecil menengah dari tahun ke tahun terus meningkat, meski masih belum memenuhi standar jumlah UKM sebesar 2 % dari total penduduk, namun semakin banyaknya UKM yang tumbuh perlu menerima apresiasi alasannya yakni bagaimanapun dengan semakin banyaknya perjuangan kecil menengah yang lahir dari masyarakat dapat mengurangi jumlah pengangguran serta menekan tingkat kemiskinan. 

Namun demikian, untuk mengoptimalkan penjualan produk UKM perlu adanya beberapa pembenahan dan peningkatan kualitas administrasi termasuk pula taktik pemasaran. 


Saya masih ingat betul, dalam sebuah kartun Malaysia yang bertajuk " Upin dan Ipin" di dalam salah satu episodenya menayangkan cerita Upin dan Ipin yang berguru membuat produk berupa layang - layang dan mainan dari tutup botol. Yang menarik dari episode tersebut adalah, Upin dan Ipin mencoba memasarkannya secara online. 

strategi pemasaran urusan ekonomi online

Tanah negeri serumpuan kita, Malaysia telah memasukkan pengetahuan pemasaran online melalui kartun anak kecil, lalu bagaimana dengan negara tercinta kita?

Padahal dengan jumlah pengguna internet yang mencapai 81 juta pengguna di Indonesia dan belum lagi jutaan insan di dunia, tentu pemasaran online akan semakin memperluas jangkauan pemasaran urusan ekonomi kita. 


Inilah yang perlu kita benahi, pemasaran dan promosi merupakan salah satu pilar urusan ekonomi yang sangat penting bagi kemajuan bisnis. Oleh alasannya yakni itu, selain melaksanakan promosi urusan ekonomi atau pemasaran perjuangan secara langsung, penting pula mencoba melaksanakan pemasaran online untuk mendongkrak penjualan anda. 

Berikut ini akan saya berikan pola teknik pemasaran secara online untuk melejitkan produk perjuangan kecil menengah anda :

1. Jaringan Media sosial bukan sekedar share foto dan status
Dari data yang di rilis oleh We Are Social, di dapatkan data bahwa sekitar 30 % dari total penduduk Indonesia yang mencapai 259 juta jiwa merupakan pengguna aktif media sosial, ini berarti ada sekitar 79 juta penduduk yang aktif menggunakan media sosial. 

BBM merupakan media umum yang paling banyak digunakan yaitu sebesar 19 % dari total populasi penduduk Indonesia atau sekitar 49 juta pengguna, menyusul kemudian Facebook sebanyak 15 % atau 38 juta pengguna aktif. Sementara untuk WhatsApp memiliki pengguna sebanyak 36 juta penguna, disusul Twitter dengan 28 juta dan Instagram memiliki 25 juta pengguna. Berikut ini yakni data mengenai jumlah pengguna medsos 

http://wearesocial.sg/blog/2015/01/digital-social-mobile-2015/

dengan jumlah pengguna medos yang sebesar itu, maka tentu medsos merupakan target pemasaran yang luar biasa potensial terlebih lagi budaya jual beli online kini sudah mulai memasyarakat.

Lalu apakah jikalau memasarkan produk melalui medsos di jamin laku?
Tidak ada jaminan pasti dalam dunia bisnis, tergantung bagaimana anda memasarkan produk anda. Banyak orang yang tidak paham dan tidak serius dalam memasarkan produk mereka melalui online. Jika anda ingin sukses dalam memasarkan produk perjuangan kecil menengah anda, maka perhatikan beberapa teknik pemasaran online UKM anda di bawah ini :

  • Produk apa yang anda tawarkan
    Sebenarnya setiap produk dapat ditawarkan melalui jalur online. Namun produk anda menentukan jenis medos apakah yang terbaik untuk produk yang anda tawarkan? Jika produk anda yakni ikan dari hasil panen bak anda, tentu akan sangat baik jikalau anda memasarkannya melalui Facebok, namun jikalau anda memasarkanya melalui Instagram maka penjualan akan kurang optimal.

    Namun jikalau anda menjual produk yang kebanyakan membutuhkan ketelitian gambar, corak dan warna menyerupai pakaian, maka Instagram menjadi salah satu alternatif.
  • Siapa target pasar anda
    Dalam ilmu pemasaran, tujuan dari pemasaran yakni menyalurkan produk kepada yang membutuhkan. Percuma dikala anda memiliki intan seharga 1 juta dolar lalu anda menjualnya kepada tukang becak yang sehari hanya menerima penghasilan sekitar 20 ribu.

    Untuk itu, dalam memasarkan produk anda melalui medsos coba diperhatikan siapa taget pasar anda sesuai dengan kategori :
    1. Umur
    2. Harga barang

    Data mengenai rantang umur pengguna medsos dapat anda perhatikan di bawah ini :
pemasaran online melalui fb
sumber gambar : http://www.statista.com/statistics/279776/preferred-netizen-social-media-in-indonesia-by-age/
baca juga penjelasan keren dari blog http://panduanim.com/social-media-marketing/

Data diatas menjadi salah satu tolak ukur bahwa Facebook mendominasi semua umur, sementara Twitter digunakan oleh mereka yang berumur 18 - 35 tahun. Namun perlu di perhatikan bahwa meski Facebook merupakan medsos yang paling banyak di sasar dari banyak sekali kalangan, bukan dengan menshare di facebook secara serampangan akan berhasil. Pun twitter tetap menjadi alternatif yang baik namun di twitter anda hanya bisa menulis maksimal 140 huruf, maka telitilah dalam menggunakan medsos untuk pemasaran online.

Berarti lebih baik menggunakan semua medsos dong, agar pemasaran semakin luas.

Sebelum anda melakukannya, tanyakan dahulu kepada diri anda sendiri, apakah anda bisa untuk mengurus semuanya? dalam hal anda mengoptimalkan taktik pemasaran anda alasannya yakni untuk menerima hasil yang maksimal anda tidak hanya dituntut untuk aktif share di medos namun juga mengelola akun, menarik folower atau sahabat anda untuk aktif dengan anda dan sebagainya.

Di dalam post berikutnya akan saya bahas lebih detail mengenai teknik pemasaran dengan medsos.

Dalam bahasan kali ini akan saya kelompokkan menjadi beberapa sub episode :
  • Teknik Pemasaran Melalui Medsos
    - Pemasaran urusan ekonomi online melalui FB
    - Pemasaran urusan ekonomi UKM melalui instagram
    - Pemasaran urusan ekonomi Secara online melalui Twitter
  • Teknik pemasaran melalui Toko Online
  • Teknik pemasaran melalui situs e-comercee
  • Teknik pemasaran online melalui website sendiri
  • Teknik pemasaran online untuk ukm melelui iklan
  • Teknik pemasaran melalui review produk
Alasan saya membagi menjadi beberapa artikel tentu untuk memudahkan anda dalam mempelajari dari masing masing teknik tersebut. Teknik tersebut saya dapatkan dari banyak para internet marketer yang telah sukses dalam menjalankan urusan ekonomi mereka lalu di pasarkan melalui online. Dan lagi, jikalau ditulis dalam satu halaman maka akan terlalu panjang.

Saya kira demikian lah artikel pembuka untuk taktik pemasaran online yang wajib kau ketahui untuk melejitkan penjualan, semoga bermanfaat. 
Diberdayakan oleh Blogger.