Header Ads

12 Langkah Yang Membimbing Anda Mendirikan Bisnis Cafe Yang Profesional

cara mendirikan cafe

.net, Usaha Cafe diperkirakan akan menjadi perjuangan yang memiliki peluang cukup baik untuk beberapa waktu ke depan, hal ini mengingat gaya hidup masyarakat modern yang gemar untuk menghabiskan waktu luang di luar dan mereka cenderung mencari daerah yang nyaman untuk digunakan dan Cafe ialah daerah terbaik yang sering dipilih, namun tidak sekedar Cafe tetapi Cafe yang nyaman dan memiliki pelayanan terbaiklah yang menjadi pilihan. 

Jika Anda ingin mendirikan Cafe, berikut ialah langkah-langkah yang mampu Anda terapkan untuk mendirikan sebuah Cafe.

Tahap 1. Perencanaan Bisnis
 

1. Tulis rencana bisnis
 

Tidak peduli apapun urusan ekonomi yang ingin Anda bangun, rencana urusan ekonomi ialah salah satu hal yang Anda perlukan kalau ingin membangun sebuah bisnis, meskipun banyak orang yang berkata tidak perlu rencana urusan ekonomi untuk memulai suatu bisnis. 

Padahal pada kenyataannya rencana urusan ekonomi mampu membantu seorang pengusaha untuk mencapi tujuan mereka, rencana urusan ekonomi sama halnya menyerupai peta yang mampu menuntun seorang pengusaha untuk mencapai tujuan mereka dan mencapai kesuksesan.

Anda mampu menuliskan rencana urusan ekonomi sesuai dengan gaya anda sendiri ataupun mampu mengikuti aturan menyerupai berikut ini.
 

1. Nama Usaha
2. Deskripsi Perusahaan, gambaran singkat wacana perusahaan yang ingin
Anda dirikan.
3. Produk dan Jasa, penjelasan secara rinci wacana produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan.
4. Rencana Pemasaran, penjelasan wacana bagaimana Anda mengenalkan produk Anda kepada konsumen.
5. Rencana Operasional, penjelasan wacana bagaimana Anda akan menjalankan urusan ekonomi Anda.
6. Manajemen dan Organisasi, penjelasan wacana jabatan yang ada di perusahaan Anda dan bagaimana cara pelaksanaannya.
7. Rencana Keuangan, gambaran wacana berapa modal yang
Anda butuhkan untuk mendirikan bisnis.
 

Rencana Bisnis diatas juga berkhasiat ketika Anda ingin menerima seorang investor, kalau begitu Anda harus membuat rencana urusan ekonomi sebaik mungkin untuk menarik minat seorang investor.

2. Mendapatkan izin
 

Jika Anda ingin membuka sebuah usaha, dalam hal ini anda ingin membuka Cafe ditengah kota dan dalam skala besar maka izin mutlak harus Anda dapatkan kalau tidak maka Cafe anda akan dicap sebagai urusan ekonomi yang ilegal dan Cafe Anda berpeluang ditutup oleh pemerintah setempat

Anda mampu menggunakan santunan orang lain yang terpercaya untuk mengurus perizinan, atau kalau Anda memiliki sobat yang bekerja di bidang hukum maka Anda mampu menggunakan santunan mereka untuk mengurusnya.

3. Anggaran memulai urusan ekonomi Cafe


Ketika
Anda menuliskannya di rencana urusan ekonomi maka seharusnya pada ketika ini Anda telah memiliki gambaran berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memulai urusan ekonomi Cafe. 

Anda mampu menggunakan anggaran langsung ataupun investor untuk memulai urusan ekonomi Cafe.

4. Ciptakan identitas merek
Anda

Mencari nama, Membuat logo ataupun warna apa yang ingin
Anda gunakan sebagai ciri khas dari Cafe yang ingin Anda dirikan. 

Dengan menciptakan identitas maka Cafe anda akan berbeda dengan yang lainnya dan hal itu akan menciptakan branding bagi Cafe Anda. 

Merek terkenal pasti memiliki ciri khas tersendiri dan masyarakat akan dengan mudah mengenalinya.

Tahap 2. Mempersiapkan Cafe Anda


1. Cari lokasi yang tepat


Sebisa mungkin gunakan lokasi yang strategis. Anda tidak perlu membangun daerah dari awal, hal itu hanya akan menghabiskan anggaran anda saja. 


Anda mampu mencari beberapa daerah yang mampu anda sewa, lalu pilihlah daerah yang paling strategis dan sesuai dengan anggaran anda.

2. Membeli peralatan untuk Cafe Anda


Meja, kursi, piring, gelas, peralatan masak, mesin kartu kredit, dan masih banyak lagi perabotan yang harus dibeli untuk operasional Cafe
Anda. 

Untuk menerima harga yang lebih murah Anda mampu membelinya dari Cafe yang sudah bangkrut, memang bukan hal yang mudah untuk menerima tapi anda mampu berusaha mencarinya.

3. Mulai dekorasi Cafe anda


Setelah menemukan lokasi yang strategis dan harga yang sesuai maka langkah selanjutnya ialah mendekorasi Cafe. 


Mulai dekorasi Cafe Anda sesuai dengan brand yang ingin dibangun, dan yang paling penting ialah mendekorasi dengan tujuan membuat pelanggan Anda nyaman. 

Hal lain yang tidak kalah penting ialah menata dapur Anda, dapur merupakan area yang paling sibuk, oleh sebab itu sebaiknya menata dapur Anda sedemikian rupa biar nyaman digunakan dan membuatnya lebih efisien menyerupai membuat area yang luas untuk dapur sehingga proses pembuatan makanan dan pergerakan insan akan lebih cepat.

4. Membangun menu
Anda

Hal penting lainnya untuk menarik minat pelanggan ialah dengan menyajikan menu yang unik dan memiliki rasa yang enak, hal tersebut juga akan membangun pelanggan setia. Oleh sebab itu
Anda dituntut senantiasa berinovasi menyebarkan menu untuk di Cafe Anda.

5. Mempekerjakan orang-orang terbaik

 
Chef, pelayan dan kasir ialah orang-orang yang akan menjalakan urusan ekonomi Cafe
Anda. Oleh sebab itu kalau anda ingin sekses dengan Cafe yang Anda dirikan wajib merekrut orang-orang terbaik atau setidaknya rekrutlah orang-orang yang ingin belajar, dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengarahkan mereka.

Tahap 3. Membuka Cafe Anda


1. Mempromosikan Cafe


Produk yang sukses tidak terlepas dari taktik pemasaran yang baik. Oleh sebab itu biar Cafe
Anda dikenal oleh masyarakat maka Anda tidak boleh melewatkan yang satu ini. 

Promosikan Cafe Anda di media elektronik, media cetak, media online atau apapun yang mampu Anda lakukan untuk mempromosikan Cafe anda.

2. Buat pelanggan datang kembali


Setelah mempromosikan Cafe
Anda maka seharusnya pada ketika ini sudah banyak yang datang mengunjungi tempat Anda. 

Buatlah mereka jadi pelanggan setia yaitu dengan cara memperlihatkan pelayanan terbaik, daerah yang nyaman dan menu terbaik

Dengan membangun pelanggan setia maka kemungkinan untuk memiliki Cafe yang sukses terbuka lebar sebab mereka akan datang kembali serta melakukan promosi dari verbal ke verbal ke mulut.

3. Evaluasi


Setelah
membuka Cafe biasanya akan terdapat kekurangan yang ada pada Cafe yang Anda dirikan. Tugas Anda pada ketika ini ialah mengevaluasi dan memperbaikinya. Anda pun mampu meminta saran atau pun kritikan dari pelanggan anda.

Mendirikan sebuah Cafe bukanlah perkara yang mudah, namun dengan perjuangan dan kerja keras maka kesuksesan bukanlah hal mustahil untuk didapatkan.
Diberdayakan oleh Blogger.