Header Ads

Bisnis Ayam Potong Kian Cerah Dan Menguntungkan

Bisnis Ayam Potong , Daging ayam di Indonesia merupakan jenis pangan hewani yang paling dikenal oleh masyarakat. Dengan cita rasanya yang khas, daging ini begitu populer alasannya yakni murah dan dapat diolah menjadi aneka macam jenis olahan makanan yang dapat dihidangkan di aneka macam program keluarga maupun program resmi lainnya. 

Hingga kini, jenis ayam potong yang paling dikenal masyarakat yakni ayam broiler. Meski kini telah muncul ayam kampung super, ayam potong jenis broiler masih menjadi pilihan utama bagi para penikmat daging maupun pedagang masakan olahan ayam. Alasan yang paling sering digunakan yakni harga. Harga ayam potong jenis broiler memang lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung / ayam buras maupun ayam kampung super sehingga tingkat usul ayam broiler tetap ada meski telah muncul varian ayam yang lain.

bisnis ayam pedaging

Dalam sistem perjuangan ayam potong, terdapat dua jenis sistem yang dapat anda jalankan yaitu :

  • Bisnis Ayam Potong Sistem Peternakan Mandiri
    Jika anda memiliki modal yang cukup besar untuk pembuatan kandang, pembelian bibit, stok pakan, pekerja, pengendalian penyakit termasuk pula biaya operasional menyerupai listrik dan kebersihan, maka anda mampu membuat peternakan berdikari dengan kontrol penuh dari anda. Dengan kontrol penuh pada peternakan ayam potong anda, maka keuntungan yang akan anda dapatkan seluruhnya akan masuk kedalam kantong anda. Sayangnya, jikalau yang terjadi yakni merugi, maka seluruh kerugian menjadi bencana anda sendiri. 

  • Bisnis Ayam Potong Dengan Kemitraan
    Salah satu alternatif bagi anda yang tidak memiliki modal besar yakni dengan memanfaatkan model kemitraan. Sistem ini berjalan dengan perusahaan inti sebagai pemilik perjuangan sementara peternak yang nanti disebut plasma hanya bertugas untuk menyiapkan sangkar serta merawat ayam potong sampai masa panen tiba. 

    Dengan urusan ekonomi ayam potong sistem kemitraan, anda tidak perlu memikirkan modal pembelian bibit ayam, pakan dan pengendalian penyakit. Dari segi pemasaran, anda tidak perlu risau alasannya yakni perusahaan mitralah yang akan memasarkan ayam yang anda pelihara. Namun demikian, sistem menyerupai ini memiliki kelemahan yaitu anda tidak memiliki kekuasaan penuh terhadap peternakan anda.Penentuan harga ditentukan pada awal kontrak sehingga keuntungan yang anda dapatkan semakin kecil namun kelebihannya anda akan terhindar dari resiko kerugian yang besar.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas cara berbisnis ayam potong dengan dua cara di atas.


Cara Bisnis Ayam Potong Mandiri

Pada peternakan dengan modal berdikari maka yang perlu anda lakukan yakni :

PERSIAPAN KANDANG AYAM POTONG

  1. Mempersiapkan  kandang ayam potong
    Kandang menjadi kebutuhan wajib bagi peternak. Anda dapat menyewa sangkar yang sudah jadi, atau membuat sangkar sendiri. Jika anda memilih menyewa kandang, maka anda tidak perlu repot dalam pembangunan sangkar serta lokasi. Namun, jikalau anda lebih memilih membangun sangkar ayam potong sendiri, maka anda perlu memperhatikan lokasi sangkar yaitu jauh dari pemukiman warga, sangkar mudah diakses dan akrab dengan lokasi toko sarana peternakan. Selain itu, sangkar membujur dari timur ke barat, lokasi sangkar diusahakan cukup sinar matahari serta tidak terlalu bising.

    Selain itu, dalam menentukan lokasi, perhatikan bahwa ayam daging juga tidak terlalu tahan pada perubahan cuaca yang extrem. Maka usahakan sangkar berada di kawasan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

    Ada dua jenis sangkar yang dapat dipakai untuk urusan ekonomi ayam potong yaitu sangkar dengan panggung serta sangkar tanpa panggung ( litter ). Untuk sangkar dengan panggung, kotoran akan eksklusif jatuh ke tanah sehingga sangkar lebih mudah di bersihkan namun butuh modal yang lebih besar. Berbeda dengan sangkar litter, modal lebih kecil serta mudah namun pengendalian kotoran akan lebih sulit.

  1. PEMILIHAN BIBIT AYAM POTONG

  1. Pemilihan bibit ayam potong memiliki peran besar dalam kesuksesan urusan ekonomi ayam potong. 30% keberhasilan urusan ekonomi ayam pedaging ditentukan oleh pemilihan DOC ayam. Untuk itu anda harus jeli dalam memilih jenis bibit untuk perjuangan ayam potong anda. Dalam memilih bibit ayam potong, perhatikan hal di bawah ini :
    1. Terbebas dari penyakit terutama penyakit pullorum (berak putih) dan jamur.
    2. Berasal dari induk yang dewasa dan dari pembibit yang berpengalaman.
    3. Bibit ayam terlihat aktif, mata cerah, dan lincah.
    4. Kaki besar dan lembap menyerupai berminyak.
    5. Bulu cerah dan tidak kusam.
    6. Anus bersih serta tidak ada kotoran.
    7. Kondisi badan normal.
    8. Berat sesuai dengan standar strain tersebur.

  2. Pemeliharaan

    PEMELIHARAAN AYAM BROILER 

    1. Sebelum DOC dimasukkan, sangkar dipanaskan dengan Broder selama 2-3 jam biar temperatur sangkar cocok untuk DOC. Siapkan pula larutan gula dengan komposisi 2 gram gula di dalam 100 ml air. 
    2. Timbang DOC dengan modal sampling yaitu mengambil beberapa beberapa ekor DOC. Catat.
    3. Masukkan DOC kedalam sangkar dan berilah minum larutan gula yang telah dipersiapkan tadi. 
    4. Untuk awal pertumbuhan, berikan sedikit makanan yang dapat anda tebar di atas koran lalu dapat anda teruskan dengan memberi makanan di dalam chick feeder tray. Pemberian pakan kemudian di lanjutkan dengan kadar atau jumlah sesuai takaran umur. 
    5. Suhu di atur pada awal pemeliharaan atau seminggu pertama pada kisaran 34-35 C
    6. Pada ahad kedua, temperatur diturunkan menjadi 23-29 C
    7. Jika ayam sudah besar dan terlihat cukup berpengaruh untuk menghadapi suhu bebas, maka broder di lepaskan.

Selain itu, anda juga harus rutin dalam menunjukkan vitamin dan vaksinasi. Jangan lupa untuk membersihkan sangkar secara berkala. Keterangan lebih lengkap mengenai cara ternak ayam potong dapat anda baca di sini. 
 
BACA JUGA : 

Ide Usaha Rumahan Ternak Bebek Hidrida Cepat Untung

Analisa Usaha Bisnis Ayam Potong

Untuk pertimbangan laba rugi dapat anda lihat pada perhitungan modal dan hasil sebagai berikut :
Bisnis Ayam Potong Skala Kecil 

img source : peluangusahasampingan99
Apakah anda tertarik untuk mencoba urusan ekonomi ayam potong? Jika anda tertarik, ada baiknya anda tanyakan pada peternak yang lebih dulu sukses di kawasan anda alasannya yakni selain apa yang ditulis di atas, pengalaman yakni guru yang terbaik. Selain itu, perbedaan suhu maupun harga pakan di suatu tempat pun berbeda - beda oleh alasannya yakni itu, biar lebih maksimal usahakan untuk mencari mentor peternak yang telah sukses di kawasan anda. 
Diberdayakan oleh Blogger.