Header Ads

Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap

Pengertian Perusahaan Jasa | | Dalam dunia bisnis dan ekonomi, kita mengenal beberapa jenis perusahaan dari segi produk yang dijual. Beberapa pola perusahaan - perusahaan tersebut yaitu menyerupai perusahaan industri, perusahaan dagang serta perusahaan jasa.

Khusus pada artikel ini, akan saya bahas wacana pengertian perusahaan jasa serta saya lengkapi dengan pola perusahaan jasa yang ada di Indonesia.

Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan yaitu Organisasi yang dibentuk oleh satu orang atau beberapa orang yang melaksanakan acara produksi yaitu menghasilkan barang maupun distribusi yaitu menyalurkan barang dari penjual ke pembeli guna memenuhi kebutuhan manusia.

Dari situs wikipedia disebutkan bahwa perusahaan yaitu daerah berkumpulnya acara produksi maupun faktor produksi. Sementara Jasa yaitu produk tidak berwujud yang dihasilkan oleh seseorang guna memenuhi kebutuhan insan yang mana tidak ada transfer kepemilikan.

Dari dua pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Pengertian Perusahaan Jasa yaitu Organisasi yang dibentuk oleh seseorang atau beberapa orang maupun tubuh lain yang melaksanakan acara produksi serta acara distribusi yang mana produk yang dihasilkan merupakan produk abstrak.

Pengertian lain perusahaan jasa yaitu unit perjuangan yang menjual produk tidak berwujud guna menerima keuntungan atau laba. Dengan kata lain bahwa perusahaan jasa menunjukkan jasa dari acara produksi yang dilakukan oleh unit perjuangan tersebut.

Namun demikian, meskipun jasa yaitu produk tidak berwujud. Dalam menghasilkan pruduk jasa tersebut perusahaan jasa acapkali tetap menggunakan produk berwujud untuk proses acara produksinya menyerupai seorang tukang ojek yang menyampaikan jasa tumpangan dengan sepeda motor maka meski yang ia tawarkan yaitu jasa tumpangannya namun ia tetap membutuhkan sepeda motor yang mana merupakan produk fisik atau produk berwujud.

Perusahaan jasa biasanya melaksanakan acara produksi dengan berpatokan pada beberapa faktor diantanya yaitu kecepatan menyerupai jasa transportasi. Faktor kerapian menyerupai jasa bungkus kado atau jasa potong rambut. Faktor ketepatan menyerupai jasa konsultan urusan ekonomi dan masih banyak yang lainnya.

Ciri - Ciri Perusahaan Jasa


Untuk lebih memahami mengenai perusahaan jasa maka ada baiknya kita pahami pula karakteristik atau ciri - ciri perusahaan jasa diantaranya adalah

  • Tetap menggunakan produk berwujud atau produk fisik untuk melaksanakan acara produksinya semoga menghasilkan produk jasa yang diinginkan menyerupai jasa transportasi.
  • Karena produk jasa tidak dapat distandarisasi maka tingkat kepuasan pelanggan pun berbeda - beda tergantung dari pelayanan dan beberapa faktor lainnya menyerupai kondisi dan waktu.
  • Produk jasa merupakan produk yang diambil manfaatnya saja tanpa adanya transfer kepemilikan sehingga produk fisik yang digunakan sebagai alat atau sarana tidak memerlukan persediaan atau stok.
  • Tidak memiliki standar harga mutlak
  • Hasil dari proses produksi yaitu produk jasanya tidak dapat disimpan atau dijual kembali alasannya bagi perusahaan jasa, simpulan dari proses produksi jasa tersebut maka berakhir pula ikatan antara pembeli dan penjual..
Baca juga :
Pengertian Barang dan Jasa
Perbedaan Barang dan Jasa

Contoh Perusahaan jasa

Di negara Indonesia ada beberapa pola perusahaan jasa yang saya dapatkan diantaranya :

  • Perusahaan Transportasi Penumpang : Gojek, 
  • Perusahaan Jasa Properti : Agung Podomoro Land, Alam Sutera Reality Tbk, Bakrieland Develpoment Tbk, Sentul City Tbk
  • Perusahaan Komunikasi dan utilitas : Indosat Tbk, Telkomsel
  • Perusahaan jasa bidang keuangan : Bank Mandiri, BRI, BCA
  • Perusahaan jasa Kesehatan : Indofarma Tbk
  • Perusahaan Jasa pengiriman barang : FedEX, TIKI, Pos Indonesia


Selain dari pola perusahaan jasa tersebut diatas, ada beberapa perusahaan jasa lainnya yang dapat anda cari sendiri sesuai dengan bidang atau sektor usahanya. Semoga artikel wacana  Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap memberi anda wawasan serta pemahaman yang mendalam terhadap perusahaan bidan jasa.

Diberdayakan oleh Blogger.